Capaian Pembelajaran Program Studi Instrumentasi

Kompetensi Lulusan Program Studi Instrumentasi Jurusan Fisika Universitas Brawijaya ditetapkan mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN DIKTI) tahun 2014 dan kesetaraan level kualifikasinya dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Program Studi Instrumentasi bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki pengetahuan dan ketrampilan teori dan praktek yang memadai tentang bagaimana sistem pengukuran (measurement) dan pengendalian (control system) bekerja dan bagaimana membangun sistem instrumen dengan mengembangkan pemahaman atas mekanisme kerja dari sebuah perangkat menggunakan hukum-hukum dasar yang mendasari bekerjanya perangkat dan bagian-bagian penyusun dari perangkat (instrument) secara komprehensif. Lulusan akan memiliki bekal untuk dapat bekerja langsung pada bidang-bidang yang sesuai dengan keahliannya dan dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi (Magister).

Program Studi Instrumentasi telah merumuskan 9 capaian pembelajaran (CPL) yang harus dimiliki setiap lulusannya sebagai berikut:

Capaian PembelajaranKriteriaDeskripsi
CPL 1PengetahuanMahasiswa menguasai konsep sain dasar khususnya fisika, untuk menjelaskan berbagai serta melakukan proses interpretasi dan mampu mengaplikasikannya dalam bidang instrumentasi.
CPL 2Pengetahuan, Ketrampilan KhususMahasiswa menguasai sain dan teknologi elektronika, optik, pneumatik, serta aplikasinya dalam sistem pengukuran dan kontrol.
CPL 3Pengetahuan, Ketrampilan KhususMahasiswa mampu merancangbangun sebuah sistem instrumentasi baik untuk keperluan sistem pengukuran dan kontrol.
CPL 4Pengetahuan, Ketrampilan KhususMahasiswa memiliki kemampuan mengembangkan keahlian di bidang instrumentasi dan atau mengembangkan diri untuk studi lanjut ke jenjang magister
CPL 5Pengetahuan, Ketrampilan KhususMahasiswa mampu mengimplementasikan sain instrumentasi pada bidang-bidang kesehatan (kedokteran), lingkungan, industri, dan bidang lain yang relevan.
CPL 6Ketrampilan UmumMahasiswa mempunyai jiwa wirausaha dalam bidang instrumentasi dan bidang lain yang relevan.
CPL 7Ketrampilan Umum, SikapMahasiswa mampu mengembangkan diri secara individu maupun dalam kelompok kerja (team work).
CPL 8SikapMahasiswa mempunyai akhlak yang mulia dan mempunyai wawasan kebangsaan yang baik.
CPL 9Ketrampilan Umum, SikapMahasiswa mempunyai keterampilan dalam berkomunikasi secara lisan maupun tulisan menggunakan bahasa nasional dan atau internasional yang baik dan benar, serta mempunyai keterampilan dalam menggunakan dan memanfaatkan teknologi informasi untuk mendukung penyelesaian permasalahan yang timbul di bidang instrumentasi.

CPL kemudian dijabarkan dalam matriks keterkaitan CPL dan Matakuliah.